INDIGO (ciri-ciri dan definisi)

Indigo adalah warna nila, biru gelap. Anak indigo adalah anak yang memiliki lapangan aura berwarna nila. Cara berpikirnya yang khas, pembawaannya yang tua, membuat anak indigo tampil beda dengan anak sebayanya. Pacaran aura yang dimilikinya membawa kepada suatu karakteristik perilaku unik. Secara fisik anak indigo sama sekali tak berbeda dengan anak lainnya.

Lewat bukunya Understanding Your Life Through Color, Nancy Tappe (1982) membuat klasifikasi manusia berdasarkan warna energi atau cakra. Cakra adalah pintu-pintu khusus dalam tubuh manusia untuk keluar masuknya energi. Konon pada tubuh manusia ada 7 cakra, yaitu cakra mahkota ada di puncak kepala, cakra Ajna di antara dua alis, cakra tenggorokan di tenggorokan, cakra jantung di tengah dada, cakra pusar ada di pusar, cakra seks ada pada tulang pelvis, dan cakra dasar ada di tulang ekor.

Anak indigo memiliki keunggulan pada cakra Ajna (the third eyes) yang berkaitan dengan kelenjar hormon hipofisis dan epifisis di otak. Adanya mata ketiga ini membuat anak indigo disebut memiliki indra keenam. Mereka dianggap memiliki kemampuan menggambarkan masa lalu dan masa datang.

Satu hal yang penting dan digaris bawahi, yaitu tidak jarang anak indigo salah diidentifikasi. Mereka sering dianggap sebagai anak LD (Learning Sidability) ataupun anak ADD/HD (Attentian Deficit Disorder/Hyperactivity Disorder). Perbedaannya adalah ketidakajegan munculnya perilaku yang dikeluhkan. Misalnya pada anak indigo, mereka menunjukkan keunggulan pemahaman terhadap aturan-aturan sosial dan penalaran abstrak, tapi tak tampak dalam kesehariannya, baik di sekolah maupun di rumah.

Terdapat 4 macam anak indigo:

· Humanis. Tipe ini akan bekerja dengan orang banyak. Kecenderungan karir di masa datang adalah dokter, pengacara, guru, pengusaha, politikus atau pramuniaga. Perilaku menonjol saat ini hiperaktif, sehingga perhatiannya mudah tersebar. Mereka sangat sosial, ramah, dan memiliki pendapat kokoh.

· Konseptual. Lebih enjoy bekerja sendiri dengan proyek-proyek yang ia ciptakan sendiri. Contoh karir adalah sebagai arsitek, perancang, pilot, astronot, prajurit militer. Perilaku menonjol suka mengontrol perilaku orang lain.

· Artis. Tipe ini menyukai pekerjaan seni. Perilaku menonjol adalah sensitif, dan kreatif. Mereka mampu menunjukkan minat sekaligus dalam 5 atau 6 bidang seni, namun beranjak remaja minat terfokus hanya pada satu bidang saja yang dikuasai secara baik.

· Interdimensional. Anak indigo tipe ini di masa datang akan jadi filsuf, pemuka agama. Dalam usia 1 atau 2 tahun, orangtua merasa tidak perlu mengajarkan apapun karena mereka sudah mengetahuinya.

Ciri-ciri anak berbakat yang indigo:

· Memiliki sensitivitas tinggi.

· Memiliki energi berlebihan untuk mewujudkan rasa ingin tahunya yang berlebihan.

· Mudah sekali bosan.

· Menentang otoritas bila tidak berorientasi demokratis.

· Memiliki gaya belajar tertentu.

· Mudah frustasi karena banyak ide namun kurang sumber yang dapat membimbingnya.

· Suka bereksplorasi.

· Tidak dapat duduk diam kecuali pada objek yang menjadi minatnya.

· Sangat mudah merasa jatuh kasihan pada orang lain.

· Mudah menyerah dan terhambat belajar jika di awal kehidupannya mengalami kegagalan.

Apa yang harus dilakukan orangtua:

· Hargai keunikan anak dan hindari kritikan negatif.

· Jangan pernah mengecilkan anak.

· Berikan rasa aman, nyaman dan dukungan.

· Bantu anak untuk berdisiplin.

· Berikan mereka kebebasan pilihan tentang apapun.

· Bebaskan anak memilih bidang kegiatan yang menjadi minatnya, karena pada umumnya mereka tidak ingin jadi pengekor.

· Menjelaskan sejelas-jelasnya (masuk akal) mengapa suatu instruksi diberikan, karena mereka tidak suka patuh pada hal-hal yang dianggap mengada-ada.

· Jadikan sebagai mitra dalam membesarkan mereka.

Sumber:inspiredkids

Published in: on April 4, 2009 at 3:12 pm  Comments (29)  
Tags:

The URI to TrackBack this entry is: http://biocassanova.wordpress.com/2009/04/04/indigo-ciri-ciri-dan-definisi/trackback/

RSS feed for comments on this post.

29 CommentsLeave a comment

  1. ^_^

  2. wows keren. trm kasih.mau tanya:
    temen perempuanku org yg sgt bs brmain musik. dia org yg cerdas. tetapi suatu saat dia prnah curhat kalau dia trkadang bs menjadi ssorg yg sgt marah ttpi trkadang sgt baik. ia slalu mmprthnkan pndpt yg ia punya. dan ia prnh brtny apkh driny trmsk org aneh. yg mau sy tnykn apa dia trmsk indigo?
    bgmn cr mnghadapinya?
    trm ksh

    • kalau marah yang penting terkendali. tapi ya itu sussahnya…. hehe

  3. wahhhh…. jadi bangga ;)

  4. ngrasa ‘full’,tiada hari tnpa brpikir dan merasa.Yang dciptakan di dlam otak pgen dikeluarin sampe bnr2 lega. Untung punya keluarga yang pengertian,meskipun kdag ngrasa sepi, mncari orang yg bnr2 bisa saling mengerti.

  5. ngerasa bangga jd salah satu anak indigo, walaupun harus mengalami mimpi tiap tidur. skalinya ga mimpi, kondisi badan jd lemah. thanks infonya

  6. Aku mau tyk,aku termsuk anak indigo bkan ? !aku srng tahu kjadian2,yg blum pasti,kdang aku mlngkri bebrapa tgl yg ada dikalndr,dan anhnya pasti kbyakan terjdi,dlm bln trsbud,dan kta kk,anja trdapt didua ats 2 als kan ! Nah distu sya,sring gtel tpi g dikulit,kyak didlm nya gtow ! Kyak ada yg mau kluar,jd risi gra2 itu,troz sya diblng anh ma tmen2,kdng ada yg mau crhd w tau,kdang aku bsa nbak dri,matanya,kyak ada lyar didpan mataku,dan jka skit,parah aku cm smbuh,dlm 2 hri,dgn obt xg bgitu nmpk ! Apkah itu termsk indigo,and 1 lgi,aku jg g bsa dudk,smpai diblng mamaku,kmu bisulan,icgahagagag,kmen aja lwat fb,di daun_semangge@yahoo.co.id or romy leo rusfernando ! Tnks

  7. 2 penjelasan terakhir (ciri anak berbakat yg indigo dan apa yang harus orang tua lakukan) sama persis dgn apa yg saya alami,TERUTAMA poin 3,5,8,6,dan 10 pada ciri berbakat yg indigo. Apa indigo itu cirinya selalu tampak atau memang tidak tampak? Apakah bisa dibilang saya termasuk indigo? Jika iya,adakah bisa saya manfaatkan atau saya rubah ciri2 indigo yg saya miliki? Jenis indigo apa yg saya alami?

  8. aku mo nanya , hampir semua ciri2 nya mirip denganku apa aku indigo ??

    tapi aku masi ragu , cara melihat cakra kita gimana ya ??

  9. kok anak indigo bisa ada sie??
    salam kenal.. :)

  10. kalau saya sering mimpi kejadian yg akan datang ,, trutama kalau akan datang bencana alam,,sering juga mimpi hal yang akan terjadi esok,,pa saya indigo ya?

  11. adakah komunitas anak indigo indonesia?

    • ada, coba cari INDIGO COMMUNITY di Facebook.

  12. q punya temen yg mudah sekali kasian sma seseorang, ga bisa diem, banyak akal, suka menolong, tp dia mengakui sendri bahwa dia anak indigo,apa ada anak indigo yang mengakui itu sendri yg q tau mereka ga menyadarinya bahkan bersifat tertutup denganhal itu……

  13. saya mau tanya, saya sering ngalamin kejadian De Javu (tau kan?), hampir setiap hari mimpi walaupun mimpinya itu bukan ttg kejadian yang akan datang tapi pasti ada mirip-miripnya, gampang nguasain materi pelajaran tanpa dijelasin, hiperaktif (kata temen-temen -_-), tapi kalau emosi gak bisa di tahan, bisa ngebaca perasaan orang dari matanya sama bahasa tubuhnya, gampang bosen (saya pernah les piano 3 bulan karena saya ngerengek minta –” tapi setelah itu berhenti & belajar cuma dari youtube nguasain lagu sekitar 1 jam tanpa ada pendamping), terus saya waktu kls 4 SD sama sekali gak bisa berenang padahal sdh 2 tahun diajari ayah saya berenang setiap minggu tp ttp gak bisa (mungkin karena mood gak mau). tapi begitu saya pingin banget bisa berenang, cuma dengan merhatiin cara temen berenang saya langsung bisa berenang dlm hitungan menit. itu masuk ciri-ciri indigo bukan? thx

  14. apa iya sy termasuk indigo…ada beberapa ciri indigo dalam diri saya *based on this article*
    trus ada beberapa kejadian yg g bs sy nalar:
    1. sy pernah lihat temen sy jatuh dr spd motor (dalam pikiran saya),beberapa menit kemudian,tmn sy itu jatuh dari motornya di depan saya.
    2. sy membayangkan bertemu,berfoto,minta tanda tangan,dan ngobrol santai ama band fav saya wkt mrk konser ke indo,dan itu terwujud saat sy udah putus asa menunggu mereka di bandara,namun di saat-saat terakhir,akhirnya sy ketemu mrk
    3. saat tes ibt dan nilai skripsi sy…sy dpt terbayang-bayang angka 69 dan 79…dan akhirnya benar,ibt sy dpt 69,skripsi 79
    4. ini yg baru kemaren…jd ada cicak jatoh,pikiran sy udah ngga karuan jelek bgt,tp sy coba alihkan dan g pikirin hal2 buruk,sy pikirin hal2 yg seneng2 mulu…terutama soal teman2 br di kampus,ampe akhirnya sy ketiduran…dan saat kuliah,sy dpt kbr kalo temen sy (yg semalem sy pikirin mulu) dpt musibah
    gimana? ada penjelasannya? apakah sy termasuk indigo atau ini hanya intuisi yg kelewat tajam?

  15. Kalo semua ciri-ciri sama, hasilnya apa?

  16. sedikit merepotkan kl boleh….sy pertama kl mengalami kejadian gaib saat usia 8 th, bisa dibilang mati suri..dmn sy wkt itu sakit & tdk sadar diri (koma) dan selama tdk sadar sy diajak jalan seorg kakek tua dmn sepnjng pejlnan semuanya putih..serasa di dalam lampu TL (neon)…stlh itu bs melihat dan mendengar kegaiban yg org lain tdk liat/dengar.
    Kdmn sy belajar mengelola kemampuan diri pd seorg sesepuh…yg mbawa sy mampu bkomunikasi (tanpa bertatapan langsung) scr spiritual dg kegaiban shg ada pesan2 yg sy terima baik utk diri sy maupun siapapun yg mbutuhkan (tanpa pamrih, penuh keikhlasan membantu), meskihrs sy akui srgkl sy mjd sedikit emosional dlm mhadapi sst yg tdk berkenan…mohon penjelasan, apakah sy masuk dalam kelp INDIGO? terima kasih

  17. Dari ciri2 yg disebutin diatas c mirip smua sama saya. Tp saya ga yakin atopun percaya klo saya seorang indigo. Ada salah 1 dosen saya dulu yg bisa melihat warna aura manusia. Beliau bilang kalau warna aura saya ungu nila. lalu sy tny artinya apa dan dijawab bhw smua org sk ikut saya. Saya ga ngerti sm sx. Lalu ada lg dosen saya yg lain yg m’jelaskan ttg indigo. bhw indigo itu berbeda2. Ada yg diblg hny bs berhasil dlm 1 bidang, ato 1 mata pelajaran sj, sampe ke hal2 yg bs melihat maklhuk pun dikatakan indigo (ntah bnr ato tdk). Tp dari smuanya itu bhkn stlh sy baca ciri2 diatas,cirinya knp sm spt saya ya? Saya bs tau ga alamat email anda agar saya bisa bertanya lbh jelas lg?? Trima kasih :)

  18. indigo.??
    banyak orang yang penasaran bagaimana indigo itu.
    menurut saya, indigo tidak bisa kita buat2 ataupun rancang sendiri. indigo adalah sesuatu YANG LEBIH yang diberikan oleh Tuhan tidak pada semua orang dan indigo itu sendiri adatanpa terkadang kita sadari.
    yang ada dan lahir serta mengalir pada diri seseorang.
    thanx..

    by hasiolan (hasiolanmanullang.blogspot.com)

    God Bless Us..

  19. on desember 01, 2012 at 07:30 pm novia said:
    aduch sbernx aq ank indigo, apha pun ciri2 yg di atz mMg bnar2 adha dlm kehdupn aq shri_hri…
    aq bz mrzakn end mlihat ke jadian2 yg aneh dlm dri qw nuey…
    yg aq tnyakn apha yg hruz aq lkukn???
    cmn tuch ajha yg aq tnx khn..
    trma kch…

  20. hebat banget infonya :)
    terima kasih sob !!
    ktnya anak indigo bisa ngeliat yang gaib yah??
    ku jga prnah liat yg gtu tpi ku g sma ciri” yg ada d atas !!

  21. Wah berarti benar aku Indigo
    Tapi itu anugrah apa bukan,ya?!
    Katanya sih kalau Indigonya mau dihilangin malah bahaya (katanya).
    Bener gak?

  22. masih kurang ngerti dehh arti dari INDIGO .
    :)

  23. aku sendiri anak indigo
    jadi aku juga pasti merasakan hal2
    hal2 yg tertera pada dinding komputer

    kurang perhatian
    kadang aku merasakan hal2 yg di anggap
    di luar kemapuan manusia lain

    teman 2x yg memiliki kemampuan indigo edd saya2x
    biar bisa berbagi pengalaman

  24. [...] pada hal-hal yang berkaitan dengan alam dan kemanusiaan. Lebih detail tentang indigo, …bisa baca disini… Deja vu – berasal dari bahasa perancis yang artinya“already [...]

  25. Apa anak indigo sering mengalami de javu?


Leave a Reply

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

