Sesi Konseling Diri (namanya jga autis)

Tangerang, 1 November 2008. Cuaca berawan dan berpotensi hujan disiang dan sore hari. Tapi yah setidaknya cuaca gw gak mendung kayaq langit.  “Coz i like the bluesky”…dimana pikiran yang luas dan hati yang jernih bersemanyam. Yeah itu yang gw alami sekarang.

Gw jadi teringat quotation seorang sohib Baliveau (baca: nama angkatan gw, 2004) dia pernah bilang “bukannya untuk memunculkan gemerlap bintang, lo butuh kegelapan malam?”. Itu yang dia katakan waktu gw semester 3, kalo gak salah dia bilang gitu buat menghibur gw yang lagi “mendung” gara-gara presentasi gw di salah satu mata kuliah yang ancur banget karena kurang “well-baked”.  Kata-kata dia itu lah yang selalu terngiang sampe sekarang kalo gw lagi menghadapi jalan buntu atau pun ujian berat.

Untuk beberapa yang penasaran dengan yang menimpa gw kemaren, gw ucapkan terimakasih. Nah sekarang akan gw jabarkan beberapa penyebab yang gak gw katakan kemarin. Hahaha maklum gw tipe orang yang butuh waktu berfikir dan menenangkan diri. Agak-agak rush sih soalnya.

1. Gw fix gak bisa lulus semester ini. Yeah gw dah cukup pasrah dengan ini, sekenceng2nya gw lari tetep aja gak bisa berubah. Hal ini membuat gw udah seminggu gak nyentuh2 draft. Agak-agak parno dan annoy juga sih klo ada yang nanya skripsi gw udah sampe mana. Haha sempat men-tabu-kan kata-kata skripsi. Dan bersyukur orangtua gw bisa paham dan mengerti dilema gw ini.

2. Masalah fisik sih, graham belakang mandibulla (rahang bawah) gw tumbuh berbarengan kiri dan kanan. Hal tersebut menyebabkan nyeri yang bikin konsentrasi gw sedikit berkurang. Tau sendiri kalo gw lagi kerja gw pasti sangat konsentrasi. Konsekuensinya gw bakal nyuekin yang ada di sekitar gw. Paling kalo ada yang ngomong sekadar gw jawab “ya” atau “oke” aja. Dan masalah timbul dari sini, beberapa ada yang gak tau kebiasaan gw ini dan bodohnya dia malah terus nyecer (baca: nanya2) gw terus. Gak tau sikon dan tanpa toleransi. Gw udah bilang tunggu bentar sih, cuma ya namanya beda kepala beda watak, jatohnya malah dia marah dan tersinggung. Well akhirnya emang bener2 gw hentikan kerjaan gw itu. Sambil ngelayanin dia. Dia yang udah panas duluan malah ngomel…oh God, thx berat gw gak jadi orang kayaq gini, so annoying. (catatan: dalam seminggu ini gw udah ketemu lima yang model begini, mengurut2 dada).

3. Ini masalah hak cipta. Pelajaran pertama, lo harus pinter-pinter mempelajari MOU yang diberikan. Jangan mudah taken kontrak aja dengan iming-iming fee yang lumayan. Ini kejadian waktu gw terima kontrak kerjasama untuk membuat ilustrasi. Gw terpaksa harus menjual karakter komik gw kepada yang besangkutan dengan fee yang gak sebanding. Klien gw itu kantornya di daerah Rawasari. Kebayang dong jauhnya dari Tangerang. Jauh-jauh untuk claim, ternyata pulang dengan tangan kosong. Claim gw itu gak cukup kuat. Setelah gw pelajari lagi MOU-nya ternyata banyak kalimat yang bener-bener ambigu dan menimbulkan salah tafsir. Yasudah akhirnya gw cuma bisa ikhlas dan sabar. Belum rejeki ternyata.

4. Yang ini nih masalah duit…hehheehe sensitif nih. Bener-bener lagi tongpes, moblitas terbatas, dan akhirnya mati gaya. Temen-temen gw di depok semua lagi. Berarti emang gw harus menghadapinya sendri nih.

5. The Last…ini perihal cinta. Gw gak akan banyak bicara dan reka ulang disini. Intinya semua itu harus dibawa tenang dan gak buru-buru. Biarkan semua tumbuh apa adanya. Kalo emang gw sayang, yaudah ikhlas aja beri perhatian dan bantuan sebisa gw. Tapi terus dan jangan cape. Sebenarnya gw gak begitu mempermasalahkan hal ini, cuma dengan adanya 4 hal di atas semuanya berpotensial mengacaukan hal yang ke-5 ini.

Dari 5 hal tadi menemukan satu hal…kalo gw itu masih harus lebih belajar dalam menyikapi hidup. Masih harus belajar menjadi matang sebagai manusia dewasa. Semua hal itu berjalan sebagaimana porsinya. Walau ritmenya naik trus jatoh, naik-jatoh, naik-jatoh berulang kali, gw percaya bahwa ada skenario menarik yang disiapkan Allah buat gw. Setidaknya menempa gw jadi orang yang lebih tangguh dari yang lain. Gak pernah putus asa dalam jatuh bangunnya urusan cinta, ekonomi, dan edukasi.

Bokap sering bilang ke gw setiap kali usai sholat magrib berjamaah di rumah. Beliau berkata kalo cobaan dan rejeki setiap orang itu udah ada takarannya. Bila ada bahaya besar akan terjadi di dekat kita dalam skala 100, belum tentu 100-nya itu bakal kena di kita. Bisa jadi cuma 20 atau malah 5. Semuanya tergantung takdir yang udah ada di Lauhil Mahfuz. Bgitu pula dengan rejeki.

Di Al Quran sendiri udah ditulis khan… bahwa Allah tidak akan memberikan cobaan melampaui kemampuan makhluknya.

Sesi konseling ditutup…

******

Free talk n OOT yakh….

Gw ngakak liat XL yang baru, hehehe simpansenya pinter, walau yang lebih pinter tetep orang2 produksinya yang bisa motong2 gambar dan nge-pastenya jadi rangkaian cerita autis begitu.

Karaoke kemarin gw belum puas nih, yang nyanyi banci karaoke semua. Jadi kurang dapet soul-nya nih, tapi salut buat semuanya. Gaya kalian total. Nb: yang ikut itu campuran anak 2004, 2005, 2006 dan 2007…wuiiihhhh kompak yakh Biologi UI!!!

Published in: on November 1, 2008 at 10:48 am  Comments (3)  
Tags: , , , , ,

The URI to TrackBack this entry is: https://biocassanova.wordpress.com/2008/11/01/sesi-konseling-diri-namanya-jga-autis/trackback/

RSS feed for comments on this post.

3 CommentsLeave a comment

  1. ralat:
    mandibula=rahang bawah
    maxilla-rahang atas

    yang mana yng baru tumbuh?

    no1
    gw gha pinter, gw gha bakal lulus dlm 5thn (tapi tetep, kun fayakun, smua kptsn Allah)

    no2
    gw truly tired..mncoba sbisa mgkn ikt smua kegiatan dgn sisa tenaga gw..

    no3
    gha ngertiiiiiiiiiiiiiii..gha ikutan dehh..

    no4
    idem,,duit job nge-cover pengeluaran stiap latian, lebihnya buat kepentingan yang penting!

    no5
    trying not to be so in luv with that guy..
    bahaya…

    sooo…skrg gw udh review masalah2 lo ma gw..gha jauh beda kan..?
    hahahaha…

    *luv dad*

  2. *lagi-lagi* semangat ya!!🙂

    btw, it’s BLUE SKIES, not BLUESKY.
    itu mah email gw :p

  3. Tengkyu…seneng gw ada yang nyemangatin.

    Eh…emang sih tulisannya salah, tapi gw tau koq apa yang gw tulis.🙂


Leave a Reply

