Daftar Sinetron yang Diduga Plagiat

Daftar Sinetron yang Diduga Plagiat
Tolong di cross check dulu ya validitas kebenarannya…. he he gw mah asal comot aja dari blog orang….
he he he.. jadi was was bernasib sama kaya penyebar berita bank-bank yang akan dilikuidasi… bisa ditangkap ga ya gw gara2 forward artikel2 kayak ginian…

Taken from :
http://nurmanizm.wordpress.com/2008/09/12/plagiat-ala-sinetron-indonesia/

Plagiat Ala Sinetron Indonesia

Duh..!!bener-bener deh sinetron kita ini.Kondisi per-sinetronan indonesia benar-benar memprihatinkan.Banyaknya adegan,alur cerita maupun perwatakan yang menjiplak abis film, komik,maupun cerita bersambung dari luar negri.Berikut daftar dari hasil googling dan nge-post di beberapa forum :

1. Buku Harian Nayla = 1 Litre Of Tears (J-dorama)
2. Impian Cinderella = Frog Prince (T-drama)
3. Bintang = Putri Huan Zhu (T-drama)
4. Legenda Ular Putih = White Snake Legend (T-drama)
5. Cincin = Beautiful Days (K-drama)
6. Siapa Takut Jatuh Cinta = Meteor Garden (T-drama)
7. Ciuman Pertama = Itazura Na Kiss (J-dorama)
8. Cowok Impian = It Started With A Kiss (T-drama)
9. Demi Cinta = Endless Love (K-drama)
10. Jangan Pisahkan Kami=Endless Love (K-drama)
11. Liontin = Glass Shoes (K-drama)
12. Pangeran Penggoda = Devil Beside You (T-drama)
13. Benar2 Cinta = Devil Beside You (T-drama)
14. Cinta Sejati = Stairway To Heaven (K-drama)
15. Opera SMU = Great Teacher Naomi (J-dorama)
16. 100 hari mencari cinta = mr arogan (K-movie)
17. Istri Untuk Suamiku = Chori Chori Chupke Chupke (Mencintaimu Diam Diam) – India Series
18. Kesatria Banjaran = Mulan (Disney’s Animation)
19. Bukan Diriku = Anything For You (J-dorama)–> 5 eps pertama, stlh itu rombak abeesss….
20. Dua Hati = Snow Angel (T-drama) + Le Robe De Mariage Des Cieux (?)
21. Putri Kembar = Twins/100% Senorita (T-drama)
22. Benci Bilang Cinta = Princess Hours (K-drama)
23. Benci Jadi Cinta = My Girl (K-drama)
24. Sumpah Gue Sayang Elo = Smiling Pasta (T-drama)
25. Pengantin Remaja = My Little Bride aka Sweet 18 (K-drama)
26. Bawa aku ke Surga = Fly Me to Polaris (T-movie)
27. Putri Yang Terbuang = Putri Bunga Persik (Classic Chinese Series)
28. Intan = Be Strong Geum Soon (K-drama)
29. Idola = High School Musical (Disney’s Movie)
30. I love you, Boss! = Bright Girl’s Success Story (K-drama)
31. Janji Jaya = My name is Kim Sam Soon (K-drama)
32. Darling = My name is Kim Sam Soon (K-drama)
33. Penyihir Cinta = Magician Of Love (T-drama)
34. Kau Masih Kekasihku = At the Dolphin Bay (T-drama)
35. Atas Nama Cinta = Stairway To Heaven (K-drama)
36. Katakan Kau Mencintaiku = Sad Love Song (K-drama)
37. Cinta Kelas Atas = the OC (Hollywood Series)
38. Terpikat = Kuch-Kuch Hota Hai (India Movie)
39. Rahasia Pelangi = Love a part a moment (T-drama)
40. Pelangi di matamu 1 = Hoshi no Kinka (J-dorama)
41. Pelangi di matamu 2 = kamisama mou sukoshi dake (J-dorama)
42. Cewekku Jutek = My Sassy Girl (K-movie)
43. Jonathan Mulya & Alyssa (FTV) = A Walk to Remember (Hollywood Movie)
44. Rahasiaku = Kal Hoo na Hoo (India Movie)
45. de Neny = The Nanny (Hollywood Series)
46. Cinta Remaja = Sassy Girl Chun-hyang (K-drama)
47. Wulan = Yellow Handkerchief (K-drama)
48. So what gitu loh? = Friends (Hollywood Series)
49. Baby Doll = Love Storm (T-drama)
50. Pasangan Heboh = Fantasy Couple (K-drama)
51. Kakak Iparku 17 tahun = My sister in law is 19 (K-drama)
52. Olivia = She’s the Man (Hollywood Movie)
53. Sissy putri Duyung = Aquamarine (Hollywood Movie)
54. Jodoh Romantis = Romance (K-drama)
55. Cinderella Boy=Hanazakarino Kimitachihe (T-drama) –> awalnya beda, malah tengah2nya yg mirip
56. Cinta Fitri = Pure Love of 19 (K-drama)
57. Nona = Pure Love of 19 (K-drama) –> batal tayang
58. Kekasih = East Of Eden/Cloud Stairway (K-drama)
59. Love = The Outsiders (T-drama) –> 4 eps awal, What Stars Are You From (K-drama) –> eps 5+
60. Janji = Terms Of Endeagement (K-drama)
61. Pura-Pura kimpoi = Full House (K-drama)
62. Kacang Panjang dan Kurcaci (FTV) = Lovely Complex (J-movie)
63. Pembantu Milyarder = Fantasy Couple (K-drama)
64. Kenapa Gw Gak Boleh jatuh Cinta (FTV) = Lovely Rivals (K-movie)
65. Bumbu-Bumbu Cinta = Corner With Love (T-drama)
66. Fajar = Hello God (K-drama)
67. Pacar Pilihan = Lovers in Paris (K-drama) –> ijinnya agak meragukan : yg punya ijin sinemart, tp diproduksi multivision..
68. Romatika Remaja = John Tucker Must Die (Hollywood Movie)
69. Bunga Jomblo Forever (FTV) = Never Been Kissed (Hollywood Movie)
70. Candy = Candy Candy (anime/manga)
71. Mawar = One Million Roses (K-drama)
72. Cintaku Tipe B = My Boyfriend is Type B (K-movie)
73. Pacarin Gw Kalo Berani = My Tutor Friend (K-movie)
74. Kugapai Cintamu = Staiway to Heaven (K-drama)
75. Pacarku Pendek Sekali = Lovely Complex (J-movie)
76. Eneng (RCTI) = Doraemon (anime)
77. Cinta 117 Kg = 200 pounds of Beauty (K-movie)
78. Mini = Min Min (manga)
79. Pacar Untuk Calon Kakak Iparku (FTV) = 10 Things I Hate About You (Hollywood Movie)
80. Cewek Gw Norak Sekalee (FTV) = My Dream Girl (T-movie)
81. Mend4dak kimpoi = Wonderful Life (K-drama)
82. Ratu = Snow Queen (K-drama)
83. Mamamia (FTV) = Because I Said So (Hollywood Movie)
84. Mata Setan (FTV) = The Eye (Hong-Kong/Thailand Movie)
85. Bias-Bias kasih (1996) = Silk/Cinta Selembut Sutera (Singapore Series)
86. Jangan Rebut Suamiku (1997) = Romance/Kekasih (Singapore Series)
87. Balikin Body Gue Donk (FTV) = Wish Upon A Star (Hollywood Movie)
88.. Sujudku = Rosalinda (Telenovela)–kadar jiplaknya cuma sekitar +50%
89. Bawang Putih Bawang Merah = Hana Yori Dango (J-Dorama)–kadar jiplak + 50%
90. Patah hati? Capek Dech (Cookies) = John Tucker Must Die (Hollywood Movie)
91. Peluk Aku 3 menit (Cookies) = Millionaire’s First Love (K-Drama)
92. Tabir Asmara (FTV) = What Lies Beneath (Hollywood Movie)
93. Kutunggu Kau di pasar Minggu (FTV) = Notting Hill (Hollywood Movie)
94. Kalo Cinta Ngomong Donk(FTV) = Love Me If You Dare (French Movie)
95. Cinta Rasa Mocca (FTV) – Beauty and the Beast (K-drama)
96. Beruntung? Gw Banget.. (FTV) – Just My Luck (Hollywood Movie)
97. Museum Spooky (FTV) = Night at The Museum (Hollywood Movies)
98. Pacarku Milyarder (FTV) = Marrying a Millionaire (k-drama)
99. Mutiara = Popcorn (manga/anime)
100. Cinta Itu Gak Buta = Love Needs Miracle (k-drama)
101. KASIH – PERSON I LOVE (KOREAN)
102. CINTA BUNGA – Florecita gadis Bunga (telenovela)
103. AZIZAH – MARIA CINTA YANG HILANG
104. LUNA DAN AINA – POPCORN (anime/manga)
105. CAHAYA – yokohama
106. Good boy VS Good Girl (FTV)- Kareshi Kanojo No Jijou (Karekano) [anime]
107. Juwita Jadi Putri – Princess Diarry
108. Cinta Untuk Cinta – Just Like Heaven (hollywood movie)
109. Mencari Tari (FTV) – Serendipity ( Western Movie )
110. Nona Dewa – Lady Oscar/Rose of versailes (anime/manga) =kadar jiplak + 50% [delayed/cancelled]
111. Pacarku bukan istriku – Come Back Soo Ae (K-drama)
112.Cinta Mutiara – Ashita No Nadja (anime) – cuma jiplak beberapa episod awal
113. guruku jagoan (Miniseri)- Gokusen (manga/dorama)
114. Bodyguard Jatuh Cinta – A Love to Kill (K-drama)
115.Kalau Cinta Suka Kamu -Orange Boy (T-Drama)
116.Aku Bukan Untukmu – Save The Last Dance (K-Drama)
117. CINTA GAK KEMANA (FTV AFI)-Ishk Vishq (Bollywood Movie)
118. ANAKKU BUKAN ANAKKU- Phoenix Blood (Serial Thailand yg dulu tyg di ANTV)
119. 12 LILIN (FTV ULTAH INDOS)-High School Musical (Hollywood Movie)
120. Menanti Keajaiban Cinta (d/h. Natalia) – Silence (Taiwan Drama)
121. TIARA – Qing Shen Shen Yu Meng Meng / Kabut Cinta
122. Ku Tak Bisa Jauh Darimu (FTV) -Tada Kimi wo Aishiteru (Manga)
123. Dewi…diramal mati (Miniseri) – beyond the sea (Manga)
124. Suci – Oshin (dorama)
125. Legenda Putri Ayu Kencana – Stardust
126. Diva – Esmeralda (telenovela)
127. Jelita – Rosalinda (telenovela)
128. Safira – Florecita gadis Bunga (telenovela)?? bener gak? harus na CINTA BUNGA

129. Cinta Aku, Kau dan Mama (FTV) – The Classic (k-movie)
130. Olala, Mbok Idur (FTV) – Mrs. Doubtfire (Hollywood Movie)
131. Rahasia Hati Lelaki ~ Secret of The Heart (HK drama)
132. Gara-Gara Cinta ~ Meteor Garden/Hana Yori Dango
133. Rindu ~ Stairway To heaven (K-Drama)

Kalau seperti ini terus sinetron Indonesia akan mati di rumahnya sendiri dikalahkan oleh sinetron luar negri yang dari originalitas cerita dan perwatakan lebih berbobot ketimbang sinetron kita. Industri hiburan kita selalu berteriak tentang kekayaan hak intelektual dan anti pembajakan namun kenyataannya industri itu sendirilah yang tanpa malu-malu melakukan tindakan plagiat.Huh..!!

Dari daftar diatas ada yang bisa menambahkan?

taken from: http://vidyaipied.blogspot.com/2008/10/cover-film-indonesia-menjiplak.html

[cover] film indonesia menjiplak

beberapa waktu lalu dapat imel dari seorang teman yang subjectnya “film indonesia menjiplak”…
wah saya baca judulnya sudah tidak heran dan terkejut lagi, apalagi bukan cuma film yang jiplakan sinetronpun jiplakan dari serial tivi di luar sana…

tapi ternyata setelah saya buka filenya, yang dimaksud jiplakan buka filmya tapi poster filmnya…oh..okey..
akhirnya saya amati poster2 yang jadi tersangka menjiplak itu…..

wuih ini film jaman kapan ya? cinta tia maria, jaman ayu azhari masih tenar di layar bioskop kayaknya….

hanya untukmu…duh aku gak pernah tahu ada film ini, saya rasa saya kurang gaul jadi gak apdet filmnya BCL , padahal sutradaranya Rizal Mantovani. beuh ini film ato videoklip ya?

Roh? apa pula ini? meniru cover the Prestige

Tali Pocong Perawan, saya malah gak peduli dengan cover film kacangan macam ini….

Namaku Dick meniru cover Hot Chick, kalo ini mah saya tahu banner posternya terpampang besar di jalan2 protokol di jakarta. saat melihatpun pikiran saya langsung ke sana pula… cuma kurang di bagian bulu-bulunya….

Sebenernya menurutku dalam proses kreatif gak ada yang salah, apa salahnya kalo terinspirasi dari suatu karya, nah masalahnya pada saat terinspirasi itu kita olah lagi dengan ide2 kita atau malah sama persis? ini yang terjadi akhirnya hingga banyak cover2 yang sama….

Masalah yang rancu buat di perdebatkan, karena memang menurut saya tak ada yang orisinil di dunia ini kecuali ciptaan tuhan… semua itu pernah ada cuma terlihat berbeda karena memang terbaharui…

Published in: on November 24, 2008 at 8:39 am  Comments (14)  
Tags: , ,

The URI to TrackBack this entry is: https://biocassanova.wordpress.com/2008/11/24/daftar-sinetron-yang-diduga-plagiat/trackback/

RSS feed for comments on this post.

14 CommentsLeave a comment

  1. kalo dah gene mo cinta produk indonesia? tau` ah gelap…!

  2. waduh… kapan nih indonesia maju? gak maju… maju.. gak maju.. maju…. gak maju… maju……

  3. lengkap abiz!!!!

  4. ternyata parah banget yah…
    untung na orang sono ga tw klo hasil karya na di plagiat di Indonesia…

    semoga ke depan na anak2 bangsa ini bisa menciptakan ssuatu yg baru dan ga plagiat…

  5. gw juga pernah tuh nonton yang persis banget sama Lovely Complex! bete banget..
    org Indonesia bagian perfilman itu emank gah kreatif..heran gw..kenapa juga mreka harus plagiat..
    ngerusak imej sinetron n pelm2 indonesia kan???

  6. Satu lagi… film yang judlnya rasa, baru tayang di 21.. jiplak abis dari film Heroes…. posternya mirip The Bodyguard atau Ghost, gw lupa untuk covernya yang jelas gw pernah liat poster ini sebelumnya

  7. ada lg filmnya shandy aulia yg jiplak “the wedding crashers”, tp saya lupa judulnya. trus ftv yg judulnya “elo naksir gue?ngaca dong!” plagiat “a cinderella story” filmnya hilary duff. yg versi indo asli jelek banget. ga bermodal. aktingnya jg kampungan. memalukan.

  8. Waaaah t’nyt byk jg ya yg plagiat,bhkan movie jg…. Huftttt !!!
    Mkin malay sjh akuh nntn acr indo,,,

  9. Terserah yg penting punya perfilman sendiri!!! daripada ogah!! Mendingan mana coba??

    • ha ha mental plagiat…

  10. bro jgn gitu lah, ada beberapa film juga yang emang udah minta ijin, klo asal nyeplos ngomong niru mah enggak enak jg kan? pikir positif aja, mana mungkin juga kita nonton sinetron luar negri kalau enggak sering lihat2 perfileman? makannya program TV bkin yang sama supaya kita bsa nonton versi indonesianya😀

  11. sedih…
    ternyata tidak ada yg bisa dibanggakan dari Indonesia

  12. tanpa mengurangi rasa cinta buat indonesia,
    jangan asal menjudge aja soalnya BUDAYA MENJIPLAK ato yg kerennya REMAKE ternyata bukan hanya di indonesia

    contohnya aj,

    hana-kimi (manga jepang) dijiplak jadi hana-kimi (taiwan 2006), cindera boy (indonesia 2009/2010), hana kimi (jepang 2007 dan 2011) dan hana-kimi (korea 2011)

    itazurana kiss (manga jepang), jadi itazurana kiss (jepang 1998), itazurana kiss (taiwan 2005 dan 2007), palyfull kiss (korea 2010)

    hana yori dango (manga jepang), jadi meteor garden (taiwan 2001), siapa takut jatuh cinta (ind 2003), hana yori dango 1 dan 2 (jepang 2005&2006), boy before flower (korea 2008) dan BBF (Philipina 2011)

    dan masih banyak lagi … sedihnya, mungkin mereka ga kreatif, tapi klo lingkungan di asia sendiri gto? apa lagi, MEREKA ga malu2 ngeluarin dg JUDUL YANG SAMA persis, jadi masih menyalahkan indonesia?

    seharusnya, point penting bukan liat berapa banyak yg sudah dijiplak sm indonesia, tapi liat karya anak bangsa lain yg original.
    spt laskar pelangi, sang pemimpi, bahkan yg belum lama menang di festival film internasional THE RAID

  13. Wah,bnyk bgt y sinet’ Indo yg ngjiplak.
    mw nmbahin:
    Sinet’ Dewa ntu sinet’ ngjiplak Kdrama 49 Days.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: